Cara Membuat Dan Memasang Tombol Share(Like, Tweet, +1) di Postingan Blogger


Jadilah yang pertama untuk membagikan tutorial maupun tips dalam artikel ini kepada teman-teman anda.



Cara Buat Dan Pasang Tombol Share(Facebook Like, Tweet Twitter, Google +1) di Postingan Blogger - Hai kawan-kawan semuanya... Share button biasanya merupakan kumpulan tombol pada suatu blog(mungkin lebih tepatnya postingan) yang dapat digunakan pengunjung blog untuk membagikan konten artikel tersebut ke media social seperti facebook, google+, twitter, dll. Ataupun dapat pula digunakan untuk sekedar menyatakan suka, misalnya dengan memberikan like untuk social media facebook, ataupun +1 untuk social media google+. Nah memasang tombol share pada blog kita, tentu saja memberikan keuntungan baik bagi pengunjung, maupun bagi sang pemilik blog. Salah satu keuntungan pengunjung dengan dipasangnya share button pada suatu postingan ialah para pengunjung dapat lebih mudah dalam membagikan konten artikel yang mereka sukai ke social media.

Lalu apa untungya bagi sang pemilik blog? Tenang...  Ada beberapa keuntungan yang didapat oleh pemilik blog, misalnya yaitu mempermudah sang pemilik blog untuk menyebarkan atau membagikan suatu konten atau artikel blognya ke social media. Sang pemilik blog tidak perlu repot-repot membuka media social satu per satu. Cukup tekan tombol share yang sudah terpasang, maka konten atau artikel yang baru saja dipublish dapat langsung segera dibagikan ke social media. Selain itu, dengan memasang share button, terlebih lagi jika banyak dari pengunjung anda yang memberikan respon melalui tombol tersebut, akan memberikan dampak yang baik bagi blog anda. Khususnya dalam hal SEO. Search engine akan lebih memberikan bobot pada blog anda, dengan kata lain, suatu artikel yang misalnya memiliki banyak like atau +1 akan memiliki visibilitas yang lebih baik di mata search engine. Menarik bukan?

Oke, langsung saja, kali ini ind-Template akan memberikan dan membagikan tutorial cara membuat dan memasang share button(like facebook, tweeter, googlke +1) dipostingan anda. Saya akan membagikan cara yang sama persis saya pakai di blog ini. Saya menggunakan 3 buttons milik 3 social media, yang telah disusun sedemikian rupa menjadi satu widget. Nah widget ini hanya akan ditampilkan pada halaman postingan saja ketika halaman postingan tersebut dibuka secara utuh. Jadi widget share button ini tidak akan tampil dihalaman home, search, label, archieve ataupun halaman lain selain halaman postingan secara utuh. Button pada widget ini memiliki jarak telah disusun sedemikian rupa agar tampilannya rapi, sehingga diharapkan anda tidak merubah nilai pada masing-masing button.

Cara Memasang Share Buttons (Facebook Like, Tweet Twitter, & Google +1)

1. Buka dashboard blog anda, lalu pilih Template, dan klik Edit HTML.
2. Letakan kode berikut di antara kode <head> ... </head>
<script type="text/javascript" src="http://apis.google.com/js/plusone.js"></script>
3. Setelah itu carilah (CTRL + F) <data:post.body/>, sudah ketemu? Kode <data:post.body/> merupakan isi artikel anda secara utuh. Anda ingin meletakan tombol share dimana? Di atas postingan atau di bawah postingan? Jika ingin meletakan share button di atas postingan, letakan kode yang akan saya berikan sebelum <data:post.body/>. Jika anda ingin meletakan tombol share di bawah postingan, letakan kode yang akan saya berikan setelah kode <data:post.body/>. Paham?
4. Di bawah ini kode yang perlu anda copykan...
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<table border='0'><tbody><tr>
<td><a href="https://twitter.com/share" class="twitter-share-button" data-count="horizontal" data-via="bang_johnn">Tweet</a><script type="text/javascript" src="//platform.twitter.com/widgets.js"></script></td>
<td><iframe allowTransparency='true' expr:src='&quot;http://www.facebook.com/plugins/like.php?href=&quot; + data:post.url + &quot;&amp;layout=button_count&amp;show_faces=false&amp;width=90&amp;action=like&amp;font=arial&amp;colorscheme=light&amp;height=21&quot;' frameborder='0' scrolling='no' style='border:none; overflow:hidden; width:90px; height:21px;'/></td>
<td><g:plusone expr:href='data:post.url' size='medium'/></td>
</tr></tbody></table>
</b:if>
Gantilah bang_johnn dengan nama akun twitter anda masing-masing.
5. Simpan template kemudian buka salah satu postingan anda untuk melihat hasilnya...

Demikianlah tutorial tentang cara membuat dan memasang share button untuk blog anda. Semoga membantu. Terus perindah blog anda, terlebih jika keindahan tersebut dapat meningkatkan SEO blog anda. Bagi anda yang menggunakan template dari ind-template, widget ini sudah tidak perlu repot-repot anda pasang lagi, karena saya sudah menyertakannya langsung dalam template yang saya bagikan. Kunjungi koleksi template dari ind-Template di free download template blogger ya. Pilih yang cocok, simak baik-baik fiturnya, pasang deh...


Terimakasih telah membaca artikel kami, Cara Membuat Dan Memasang Tombol Share(Like, Tweet, +1) di Postingan Blogger yang diterbitkan oleh ind-Template. Jika anda menyukai artikel ini silahkan untuk melakukan link back dengan memasang kode dibawah ini. Atau dengan membagikan ( merekomendasikan ) artikel ini melalui jejaring sosial. Copy Paste diijinkan dengan syarat memasang kode dibawah ini sebagai link back aktif. Saya akan melakukan DMCA Complaint jika anda melakukan copy paste tanpa mengikuti ketentuan yang berlaku!


0 comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk memberikan respon atau pertanyaan. Klik link "Subscribe to: Post Comments (Atom)" untuk mengetahui adanya balasan. Sehubungan dengan kesibukan saya sehari-hari, mohon maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas. Komentar tidak saya moderasi. Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, komentar BERISI LINK ataupun yang tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung saya hapus. Terimakasih.

Jadilah Followers ind-Template