Cara Mendaftar dan Memasang Kode Google Analytics di Blog


Jadilah yang pertama untuk membagikan tutorial maupun tips dalam artikel ini kepada teman-teman anda.



Cara Mendaftar dan Memasang Kode Google Analytics Universal di Blog - Ada yang sudah tau manfaat dan fungsi dari google analytics? Google Analytics merupakan salah satu aplikasi milik Google. Google Analytics berperan sebagai tracker yang akan melaporkan aktivitas dari website maupun blog anda kepada Google. Selain dapat mengetahui aktivitas yang dilakukan pengunjung, anda juga dapat mengetahui sumber dari mana para pengunjung blog anda datang. Banyak hal dapat kita amati dengan menggunakan Google Analytics, baik itu jumlah pengunjung, bounce rate, maupun indikator-indikator lain yang dapat digunakan sebagai tolak ukur kemajuan blog anda. Google Analytics sangat tepat untuk memonitor website maupun blog anda.

Setelah anda mendaftarkan blog anda ke google webmaster dan melakukan submit sitemap ke google webmaster tools, sekarang saatnya anda membuat blog anda terdaftar di google analytics. Ikuti langkah-langkah dari ind-Template berikut ini yaaa...

1. Kunjungi Google Analytics
2. Setelah berada di halaman Google Analytics, klik Access Google Analytics

Halaman awal google analytics

3. Pilih Sign Up

Sign up google analytics

4. Setelah itu, pada halaman yang baru terbuka, pastikan anda pilih Universal Analytics (walaupun masih versi BETA). Walaupun masih BETA, fitur di Universal Analytics lebih komplit dari pada Classic Analytics

Pilih universal analytics pada google analytics

5. Scroll ke bagian bawah, isi formulir pada bagian Setting up your account. Jangan lupa centang (beri tanda contreng) pada 3 checkbox di bagian bawah, lalu klik pada Get Tracking ID


Beri tanda contreng pada bagian bawah dan klik get tracking google analytics
 6. Akan muncul Google Analytics Terms of Service Agreement, pilih saja I Accept

Pilih accept untuk memproses kode dari google analytics
 
7. Setelah itu anda akan dibawa ke dalam aplikasi Google Analytics. Scroll ke bagian Tracking ID. Copy kode didalam kotak dengan keterangan Copy and paste it into the code of every page you want to track

Copy kode script yang diberikan dihalaman google analytics

8. Buka dashboard blog anda. Pergi ke bagian Template, lalu pilih Edit HTML. Pastekan kode tadi di antara <head> ... </head>. Lalu simpan tempate anda.
9. Selesai. Dengan begini blog anda sudah tersambung dengan Google Analytics.

Beberapa blogger mungkin menggunakan cara lain, yaitu dengan mengcopykan kode yang berbeda pada template blog. Namun saya berpegang pada keterangan dari Google Support, bahwa kode yang diberikan oleh Google Analytics cukup di copy paste saja, maka blog kita sudah terhubung dengan Google Analytics. Dan saya juga telah membuktikan bahwa memang benar cukup hanya di copy paste saja kodenya, blog saya sudah terhubung dengan Google Analytics. Ini bunyi keterangan dari Google Support tentang cara menggunakan Google Analytics :

1. Find the tracking code snippet for your property.
2. Find your tracking code snippet. It's in a box with several lines of JavaScript in it. Everything in this box is your tracking code snippet. It starts with <script> and ends with </script>.
3. Copy the snippet.
Don’t edit your snippet. Just copy it. You might want to paste it into a text document if you’re worried about accidentally losing or changing the snippet from your clipboard.
4. Paste your snippet (unaltered, in it’s entirety) into every web page you want to track. Paste it immediately before the closing </head> tag.
5. Check your set up.

Demikian Tips mendaftarkan blog ke Google Analytics. Semoga tips ini berguna untuk terus dapat meningkatkan SEO blog anda. Selamat mencoba, simak terus tip-tips meningkatkan SEO dari ind-Template. Mari turut aktif memberikan komentar bagi anda yang masih kesulitan, maupun bagi anda yang sudah berhasil mempraktekannya atau bahkan yang sudah mendapat kuntungan dari Google Analytics ini...


Terimakasih telah membaca artikel kami, Cara Mendaftar dan Memasang Kode Google Analytics di Blog yang diterbitkan oleh ind-Template. Jika anda menyukai artikel ini silahkan untuk melakukan link back dengan memasang kode dibawah ini. Atau dengan membagikan ( merekomendasikan ) artikel ini melalui jejaring sosial. Copy Paste diijinkan dengan syarat memasang kode dibawah ini sebagai link back aktif. Saya akan melakukan DMCA Complaint jika anda melakukan copy paste tanpa mengikuti ketentuan yang berlaku!


0 comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk memberikan respon atau pertanyaan. Klik link "Subscribe to: Post Comments (Atom)" untuk mengetahui adanya balasan. Sehubungan dengan kesibukan saya sehari-hari, mohon maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas. Komentar tidak saya moderasi. Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, komentar BERISI LINK ataupun yang tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung saya hapus. Terimakasih.

Jadilah Followers ind-Template