Cara Membuat Halaman Contact Us Blog Dengan Google Docs


Jadilah yang pertama untuk membagikan tutorial maupun tips dalam artikel ini kepada teman-teman anda.



Cara Membuat Halaman Kontak Us (Contact Form) Blog Dengan Google Docs - Salam pembaca sekalian, halaman kontak Us (Contact Form) pada dasarnya digunakan untuk mempermudah para pengunjung blog ketika mereka ingin menyampaikan pendapat, kritik, saran, ataupun hanya sekedar ingin menyapa sang pemilik blog. Intinya, dengan halaman contact us ini para pengunjung dapat berinteraksi lebih pribadi dengan pemilik blog.

Nah kali ini ind-Template akan mencoba menjelaskan tentang cara mudah menggunakan fasilitas contact form dari Google Docs. Dengan menggunakan fasilitas dari Google ini, kita dapat membuat Document ( dokumen ), Presentation ( materi Presentasi ), Spreadsheet ( halaman dengan baris dan kolom / tabel ), Form ( formulir ), dan Drawing ( gambar ). Lalu bagaimana cara membuat halaman contact us dengan menggunakan google docs? Simak baik-baik langkah-langkah dari ind-Template berikut ini...

1. Masuk ke Google Docs dengan menggunakan akun Gmail anda.
2. Lihat sisi sebelah kiri. Klik "Create" ( tombol merah ) lalu pilih "Form".

Halaman awal google docs untuk membuat kontak us form
 
3. Untuk yang tampilan baru, langsung saja pilih Get started.
4. Setelah itu akan muncul jendela "Choose title and theme". Isikan title form yang akan dibuat, misal : "Contact Form". Pilih Theme dan klik "OK".
5. Selanjutnya kita akan membuat field-field Nama, Email, Subyek, dan Pesan.
6. Membuat field Nama. Pada bagian "Question Title" isikan dengan "Nama". Karena jawaban dari field ini berupa text maka pada bagian "Question Type" pilih "Text". Jangan lupa klik "Required question" untuk menandai bahwa field ini wajib di isi. Kemudian klik "Done".

Cara membuat field di contact form pada google docs

Pilihan untuk membuat field di Google Docs
 
7. Untuk membuat field selanjutnya, klik "Add Item".
8. Membuat field Email lakukan sama seperti langkah 6. Hanya dibagian "Question Title" isikan dengan "Email".
9. Untuk membuat field selanjutnya, klik "Add Item".
10. Membuat field Subyek. Pada bagian "Question Title" isikan dengan "Subyek". Karena jawaban dari field ini berupa memilih pilihan yang ada maka pada bagian "Question Type" pilih "Choose from a list". Untuk membuat pilihannya ( misal : saran, kritik, pertanyaan, iklan, dll ) isikan pada Option 1, Option 2, dst. Untuk menambah Option, anda dapat mengklik "Clik to add option". Klik "Required question" untuk menandai bahwa field ini wajib di isi. Kemudian klik "Done".
11. Untuk membuat field selanjutnya, klik "Add Item".
12. Membuat field Pesan. Pada bagian "Question Title" isikan dengan "Pesan".  Karena jawaban dari field ini berupa text panjang, maka pada bagian "Question Type" pilih "Paragraph Text". Jangan lupa klik "Required question" untuk menandai bahwa field ini wajib di isi. Kemudian klik "Done".
13. Jika dirasa sudah cukup, klik "Send Form" di pojok kanan atas. Pada jendela "Send Form" klik tombol "Embed". Copy paste kode HTML yang diberikan pada Halaman Kontak.
14. Buatlah halaman postingan baru, sebaiknya berupa halaman statis. Kemudian beri judul, misal : "Contact Us".
Dashboard > Laman > Laman Baru
Pada bagian kiri atas, terdapat tombol "Compose" dan "HTML". Klik "HTML" dan pastekan kode yang tadi telah diberikan.
15. Lihat halaman kontak anda pada browser. Selesai.

Selamat mencoba... Silahkan bagikan pengalaman anda dengan Google Docs melalui turut aktif memberikan komentar...


Terimakasih telah membaca artikel kami, Cara Membuat Halaman Contact Us Blog Dengan Google Docs yang diterbitkan oleh ind-Template. Jika anda menyukai artikel ini silahkan untuk melakukan link back dengan memasang kode dibawah ini. Atau dengan membagikan ( merekomendasikan ) artikel ini melalui jejaring sosial. Copy Paste diijinkan dengan syarat memasang kode dibawah ini sebagai link back aktif. Saya akan melakukan DMCA Complaint jika anda melakukan copy paste tanpa mengikuti ketentuan yang berlaku!


0 comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk memberikan respon atau pertanyaan. Klik link "Subscribe to: Post Comments (Atom)" untuk mengetahui adanya balasan. Sehubungan dengan kesibukan saya sehari-hari, mohon maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas. Komentar tidak saya moderasi. Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, komentar BERISI LINK ataupun yang tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung saya hapus. Terimakasih.

Jadilah Followers ind-Template