Tips dan Cara Mendapatkan Uang Dari Blog


Jadilah yang pertama untuk membagikan tutorial maupun tips dalam artikel ini kepada teman-teman anda.



Tips dan Cara Mendapatkan Uang Dari Blog - Salam para pembaca sekalian? Anda berencana ingin menjadi seorang blogger? Apakah tujuan akhir setelah anda menjadi seorang blogger? Apakah hanya sekedar mencurahkan unek-unek dan isi hati? Ataukah anda memiliki tujuan komersil? Misalnya ingin menghasilkan uang melalui blog anda. Jika anda ingin memperoleh penghasilan dari blog, simak terus tips-tips dan cara menghasilkan uang dari blog di ind-Template ini yaa...

Untuk dapat mendapatkan uang dari blog ataupun website, sebenarnya ada beragam cara atau metode yang dapat anda gunakan. Hal tersebut biasanya tergantung pada tema dari blog, jumlah pengunjung, dll. Selain itu, ada juga hal-hal yang sebaiknya anda kuasai. Diantaranya ialah strategi marketing, teknik SEO, maupun teknik dalam membuat artikel yang persuais (ajakan). Lalu bagaimana caranya menghasilkan uang setelah hal tersebut anda penuhi dan kuasai? Simak tips berikut...

1. Iklan (Ads)
- Iklan Kontekstual (Contextual Ads) - Yang termasuk ke dalam iklan kontekstual ialah iklan pay-per-click (PPC) atau cost-per-click (CPC) yang ditampilkan sesuai dengan isi artikel yang dimuat. Contoh iklan kontektual ialah Google Adsense. Tipe iklan seperti ini sangat cocok untuk blog yang memiliki topik yang jelas. Tanpa topik yang jelas, iklan jenis ini tidak akan bekerja dengan maksimal.

- Non Iklan Kontekstual - Publisher iklan jenis ini menampilkan iklan tanpa melihat apa yang dibahas dalam blog tersebut. Contoh dari non contextual CPC ads ini ialah Chitika’s eMiniMalls.

- Impression-based ads - Publisher iklan jenis ini memberikan bayaran berdasarkan jumlah orang yang melihat iklan yang ditampilkan. Jenis iklan seperti ini sangat cocok bagi blog yang memilki jumlah pengunjung yang besar. Contoh dari Impression-based ads ialah Fastlink atau Tribal Fusion.

- Text ads - Jenis publisher iklan text ads ini membayar anda jika anda mau menjual text link yang ada di artikel anda. Contoh dari publisher iklan jenis ini ialah Bidvertiser dan Text Links Ads.

- RSS ads - Banyak sekali publisher program iklan yang menampilkan iklan di RSS feeds. Beberapa publisher hanya mengijinkan blog dengan traffic tinggi, ataupun blog dengan banyak subcribers yang dapat menjadi partnernya.

2. Program Affiliasi
Amazon, eBay, dan Clickbank adalah beberapa penyedia layanan program affiliasi yang namanya cukup akrab dikalangan bloggers dalam negeri. Penyedia layanan program affiliasi tersebuat biasanya membayar anda dengan memberikan komisi jika anda mampu membuat pembaca blog anda membeli produk yang mereka jual. Anda membutuhkan lebih dari sekedar memasang iklan di blog anda untuk dapat mempengaruhi para pengunjung blog anda untuk memberli produk ataupun jasa yang ditawarkan penyedia layanan program affiliasi ini. Anda tertarik?

3. Berjualan Produk Sendiri
Belajar dari para blogger di luar negeri. Mereka dapat menjadi blogger yang sukses mendapat uang dari blog yaitu salah satunya dengan cara ini (bukan sekedar berjualan biasa). Setelah blog menjadi besar dan berhasil memberikan pengaruh kepada para pembaca setia, para blogger tersebut membuat suatu produk entah itu berupa kaos, mug, stiker yang berbau blog tersebut dan menjualnya kepada para pengunjung setia blog tersebut. Benar juga ya...

4. Menjual Blog
Blog yang sudah mapan dan dianggap menguntungkan dapat terjual dengan harga yang menggiurkan lha... Sebagai contohnya yaitu Weblogs.Inc yang laku terjual seniali 25 juta dollar. Nilai yang menggiurkan bukan? Namun agar suatu blog dapat dinilai mapan dan menarik, tentulah sangat sulit dan merupakan hal yang langka. Namun jika anda merasa blog anda telah cukup mapan, anda dapat mencoba mengikuti lelang di eBay ataupun SitePoint, siapa tau ada yang menawar blog anda dengan harga tinggi.

5. Sponsorship
Blog yang berpeluang untuk dijadikan partner sponsorship adalah blog yang memiliki niche (topik) spesifik dan tentunya memiliki jumlah pengunjung (visitor) yang besar. Contoh dari metode ini misalkan blog anda memiliki niche mengenai kamera dan forografi serta memiliki jumlah pengunjung yang tinggi. Tentunya anda memiliki kesempatan lebih besar untuk mendapatkan sponsor dengan topik yang sama, dalam hal ini misalnya Nikon atau Kodak meminta anda untuk memasang banner iklan, link, atau newsletter mengenai produk mereka.

6. Donasi
Untuk sumber pengahasilan yang satu ini, saya rasa baru dapat dirasakan oleh blogger luar negeri. Ya, sedikit sekali jumlah blog yang dapat sukses mendapatkan uang dengan metode donasi ini. Sebagian dari blog tersebut dapat sukses dengan metode donasi karena memiliki para pembaca yang sangat loyal.   

7. Langganan Berbayar
Menjual isi blog, salah satunya dengan membuat adanya program langganan berbayar dapat menjadikan blog sebagai sumnber penghasilan. Metode ini terbilang gampang gampang susah, karena jika isi bahasan blog terbilang umum, tentunya akan banyak artikel online serupa gratisan yang dapat dijumpai. Metode ini dapat berhasil jika isi bahasan blog benar-benar dibutuhkan para pembaca dan jika anda dapat memastikan bahwa belum ada blogger lain yang pernah membahas topik tersebut.

Itulah metode yang dapat anda gunakan untuk menghasilkan uang dari blog. Nah, jika anda tergolong baru dalam hal ini, sebaiknya anda terlebih dahulu fokus dalam membangun blog anda. Jangan tergesa-gesa untuk mencoba mempraktekan seluruh metode di atas, karena hal tersebut akan membuang waktu anda, dan anda menjadi tidak fokus. Menurut saya, yang terbaik ialah dengan memulai dari metode yang paling umum, misalnya dengan memasang iklan Adsense. Berkonsentrasilah dahulu pada 1 metode. Dari situ pasti anda akan memperoleh pengalaman dan akan menjadi lebih mudah untuk mencoba metode yang lain. Bagaimana menurut anda? Selamat mencoba...

Bagi anda yang sudah berhasil mendapatkan pendapatan ataupun penghasilan dari internet, yuk ikut berbartisipasi dengan mengini form komentar berikut... Terimakasih.


Terimakasih telah membaca artikel kami, Tips dan Cara Mendapatkan Uang Dari Blog yang diterbitkan oleh ind-Template. Jika anda menyukai artikel ini silahkan untuk melakukan link back dengan memasang kode dibawah ini. Atau dengan membagikan ( merekomendasikan ) artikel ini melalui jejaring sosial. Copy Paste diijinkan dengan syarat memasang kode dibawah ini sebagai link back aktif. Saya akan melakukan DMCA Complaint jika anda melakukan copy paste tanpa mengikuti ketentuan yang berlaku!


0 comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk memberikan respon atau pertanyaan. Klik link "Subscribe to: Post Comments (Atom)" untuk mengetahui adanya balasan. Sehubungan dengan kesibukan saya sehari-hari, mohon maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas. Komentar tidak saya moderasi. Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, komentar BERISI LINK ataupun yang tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung saya hapus. Terimakasih.

Jadilah Followers ind-Template